Rekan-rekan kali ini kita akan belajar tentang Akar Polinom
Jika kita ngomongin akar polinom kira-kira yang terlintas dipikiran apa ?
Kalo menurut saya ya palingan berhubungan dengan perhitungan banyak angka #plakkk
Back to Materi !!!
Disini kita akan membahas tentang Akar, Faktor, dan cara mencari Akar & Faktor.
Saya tebak pasti pada amburegul
Daripada makin amburegul mending simak aja yuk !!
Apa itu Suku Banyak ?
Pada dasarnya bentuk suku banyak itu terdiri dari Pembagi * Hasil bagi + 0
Apa itu Faktor & Akar ?
"suatu nilai dikatakan faktor dari suatu fungsi jika fungsi dibagi nilai tersebut tidak mempunyai sisa ( sisa = 0 )"
Misal ada fungsi bentuknya P(x).H(x)
Ket:
- P(x) = Pembagi
- H(x) = Hasil bagi
Nah, yang disebut Faktor itu perkalian si Pembagi dan Hasil baginya.
Lalu akarnya itu si pembuat 0, hampir sama kaya definisi faktor.
Misal (x-a)
Nah, si x diganti a = (a - a = 0)
Lalu bagaimana mencari Faktor & Akar ?
Cara mencarinya ya seperti ini langkah-langkahnya.
Kenapa kok tahap 2 bisa ada 2 cara ?
Itu sih tergantung dari banyak pembaginya, biar simple aja sih.
Contoh soal:
Selesai
\(^o^)/
Ada versi videonya juga nih biar tambah ngerti
*sumur juga dari sini
Gimana ? Masih bingung ?
Tanya aja nggak usah malu !!!
21 comments
putek gan haha
Mantap gan lengkap bener :-D
Biar pada ngerti gan
>.<
Mantap penjelasannya mudah dimengerti.
Wuiih ane tambah ilmu nih stlh baca ini
Hihihih pelajaran saya nih
makasi gan . mudah banget di cerna xD
mantap
mantap penjelasannya
bermanfaat gan, nambah" ilmu ane
kira2 ada jalan yang lebih ringkas gak gan... hehe... trims infonya...
kalo pembahasan yang ini masih bisa diterima, dlu ane suramnya pas log logan . . wkakwka
makasih gan nambah ilmu bnget :D
wah blognya dijadikan lahan soal :D
mantap gan
Sebenarnya masih ada beberapa metode yang lain gan,
tapi kalo menurut saya dari semua metode, sepertinya ini yang paling mudah & ringkas
yang bikin artikel pinter matematika, kalau ane udah males liat angka dan itung2an. udah kenyang pas Sekolah, jadi trauma.
awkowoak
Sebenernya ane nggak bisa-bisa amat sama matematika gan
Yah cuma sekedar menulis ulang presentasi dikampus nggak terlalu susah
:D
walah .... lumayan jangar nih gan :D
yg integrasi numerik dngan metode newton cotes muff.. -_____-
nggak kebagian itu w
:v
Done gan...
kirakira ada cara lebih mudah gan ? puyeng ini
EmoticonEmoticon